Program Pemberdayaan Perempuan Kerjasama PERPAMSI dengan USAEP dan USAID

Perubahan lingkungan dan perkembangan penduduk mengakibatkan air bersih menjadi barang langka dan mahal. PDAM sebagai perusahaan daerah penyedia air bersih dituntut untuk meningkatkan pelayanan. Sementara masalah intern yang dihadapi PDAM sendiri masih sangat kompleks sehingga sulit memenuhi tuntutan perusahaan yang berorientasi pelanggan. masalah yang dihadapi PDAM pengelolaan perusahaan yang berorientasi pelanggan. Program Partisipasi Perempuan dalam meningkatkan pelayanan air bersih menjadi salah satu pendekatan alternatif kepada masyarakat melalui kelompok perempuan yang dapat dimanfaatkan oleh PDAM

pic_will

Foto: Salah satu Kegiatan Willow

Sasaran program ini adalah terbentuknya jaringan informasi air bersih yang disampaikan kepada masyarakat melalui kelompok-kelompok perempuan yang ada di masing-masing daerah. Jaringan informasi ini dapat terwujud dalam bentuk kerjasama dengan berbagai pihak yang memiliki kepedulian terhadap air dan mengupayakan secara bersama agar air bersih mudah didapat dan terjaga kelestariannya. Program Partisipasi Perempuan dalam meningkatkan pelayanan air bersih sudah berjalan 3 tahap.

Tahap Pertama
Program WILD (Women Institutions for Local Development) sebagai pilot project yang dilaksanakan pada Juni 2000 s/d September 2000, program dilaksanakan di 3 (tiga) lokasi yaitu Sleman (DIY), Banjarmasin (Kalimantan Selatan), dan Bukittinggi (Sumatera Barat), dengan dana kegiatan berasal dari USAEP (United States – Asia Environmental Partnership).

Tahap Kedua
Program WILD2 pada Januari 2001 s/d September 2001 dengan dukungan dananya berasal dari USAEP. Sasarannya untuk mengujicobakan metodologi hasil WILD1, memfasilitasi pembentukan forum peduli air di 3 lokasi lama dan 4 lokasi baru, membuat buku panduan tentang program ini, dan mendapatkan bantuan dari donor lain untuk produksi media informasi tentang air bersih.

Tahap Ketiga
Program WILLOWS ( Women Institutions for Local Leveraging of Water Services) yang merupakan tindak lanjut dari program WILD1 & WILD2, dengan program kerja Oktober 2001 s/d Maret 2003. Dukungan dana kegiatan berasal dari USAID (United States Agency for International Development). Sasaran kegiatan : Produksi media, Training of Trainers, Seminar Regional, dan Pembentukan Forum di 30 lokasi.

Hasil yang sudah dicapai sampai bulan November 2002, telah diproduksi media komunikasi tentang air bersih, yaitu berupa Sinetron “Sebening Hatimu” yang pernah ditayangkan di Trans TV dan Indosiar pada hari air sedunia 22 Maret 2002, Film Dokumenter tentang proses pengolahan air bersih dengan judul ‘Perjalanan Panjangku’, 5 Iklan Radio, 3 Iklan Televisi, Poster dan Brosur. Pelaksanaan Training of Trainers yang dilaksanakan bulan April 2002 di Yogyakarta dengan peserta perwakilan dari seluruh Indonesia, Seminar Regional tentang Strategi Peningkatan Pelayanan PDAM di Era Perlindungan Konsumen di 15 lokasi seluruh Indonesia, dan Workshop Partisipasi Perempuan dalam Peningkatan Pelayanan Air Bersih dan Pembentukan Forum yang baru dilaksanakan di 14 lokasi, dari target 30 lokasi.